Kondisi terkini LRT kota Palembang meyambut Asian Games 2018

Written By Hilmi Atiq on Sunday, March 5, 2017 | 7:56 AM

Palembang - Light Rail Transit (LRT) di kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), kini dikebut pengerjaannya dan ditargetkan selesai pada tahun ini. Sehingga  pada awal Pebruari 2018 akan diujicoba  dan  langsung dioperasikan penggunaannya.
LRT Palembang membentang yang seyogyanya sejauh hampir 25 kilometer, menghubungkan Jakabaring Sport City dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melintasi jalur pusat Kota Palembang. Berkelok di beberapa titik menembus kepadatan kota dan melintasi Sungai Musi. Sebagian besar sudah terhubung, dan tinggal dibeberapa titik tinggal terhubungjembatan antar tiang.

Foto: Triono Wahyu Sudibyo
Proyek LRT Palembang

Jalur LRT di bandara menuju kota misalnya. untuk saat ini tinggal finishing dan pembangunan stasiun. Jalur terpenggal di perempatan lintas Sumatera dan akses menuju kota.

detikcom berkunjung ke Palembang, Jumat (6/1/2017) kemarin. Di beberapa titik terpasang peringatan permohonan maaf ke pengguna jalan terkait proyek LRT. Ada banyak pekerja dan alat berat. Jalan menyempit di sebagian kawasan. Lalu lintas padat. Tak benar-benar macet, hanya sedikit tersendat.

LRT Palembang akan mempunyai 13 stasiun dan satu depo pengisian bahan bakar. Halte tersebar di asrama haji, sekitar jembatan Ampera, pasar, mal hingga bandara.


Mendahului Jakarta, LRT Palembang Kini Sudah Berbentuk

Foto: Triono Wahyu Sudibyo
Proyek LRT Palembang

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, mengatakan 6 bulan sebelum Asian Games 2018, infrastruktur penunjang termasuk LRT, sudah harus selesai. Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palmebang digelar pada Agustus tahun depan. Jadi, Februari, LRT sudah benar-benar dioperasionalkan.

Alex yakin proyek tersebut sesuai target. "Anda lihat sendiri, semua bekerja keras. Kondisi kota tampak tidak tertata sekarang karena berbagai proyek, tapi kalau (proyek) sudah selesai, pasti bagus, katanya kepada detikcom di Griya Agung, Palembang.


Proyek LRT Palembang
+Foto: Triono Wahyu Sudibyo
Proyek LRT Palembang

Selain LRT, Sumsel juga tengah menata berbagai fasilitas Asian Games. Mulai dari venue hingga apartemen untuk atlet dan ofisial. Kota berpenduduk sekitar 2 juta jiwa ini terus menggeliat. Membangun dan membangun.

Proyek LRT Palembang
Foto: Triono Wahyu Sudibyo
Proyek LRT Palembang

Sumber : detik.com

Blog, Updated at: 7:56 AM

Recent Post

close